AIR & MANUSIA

Coba deh lihat foto-foto di bawah ini

Air selokan yang tercemar deterjen dan sabun

Sungai yang dipenuhi sampah rumah tangga

Ikan-ikan yang mati karena air yang tercemar 

Ribuan bangkai ikan di kawasan Pantai Ancol beberapa tahun lalu

Jutaan bangkai ikan

Ada yang bisa nebak apa itu yang putih-putih?

Deterjen tidak hanya berefek negatif pada lingkungan, tapi juga pada kulit

Gimana??
Serem ya foto-fotonya 😵😵
Foto-foto di atas erat hubungannya dengan Air. Air dibutuhkan oleh semua makhluk hidup di dunia ini. Tanpa adanya air di dunia maka tidak akan ada kehidupan di dunia ini karena air merupakan sumber kehidupan dan akan sangat berbahaya jika air mendadak menghilang.
Air yang baik adalah air yang bersih dengan warna jernih dan juga tidak menimbulkan bau. Namun ironisnya saat ini dimana pertumbuhan penduduk semakin pesat dan juga dibersamai tumbuhnya sektor perindustrian membuat air banyak tercemar oleh berbagai polutan.


Padahal air yang sudah terkena berbagai jenis pencemar ini sangatlah tidak baik dan berbahaya bagi para penggunanya apalagi kalau sampai dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh maka berbagai penyakit dapat muncul dari air tersebut. Dewasa ini pencemaran air merupakan masalah global yang melanda berbagai negara di dunia.

Dampak yang terjadi dengan adanya pencemaran air ini diantaranya adalah sekitar 1400 jiwa meninggal setiap harinya di dunia karena berbagai penyakit yang disebabkan oleh air yang tercemar. Penyebab dari pencemaran air ini lebih banyak disebabkan oleh manusia karena berbagai kegiatan yang dilakukannya.

Ada berbagai jenis sumber pencemaran air diantaranya seperti sampah yang berasal dari masyarakat baik itu dari limbah rumah tangga maupun dari limbah pertanian dalam skala kecil maupun dalam skala besar. Berikut ini adalah beberapa sumber pencemaran air:
❌ Limbah industri biasanya dari pabrik
❌ Limbah pertanian
❌ Limbah rumah tangga

Mengapa berbagai sumber pencemaran air ini berbahaya?Ketika ada berbagai polutan atau limbah yang masuk ke dalam air maka bakteri pembusuk harus bekerja lebih keras dan membutuhkan oksigen lebih banyak. Sehingga kandungan oksigen di dalam air dapat berkurang drastis dan membuat makhluk hidup di sekitarnya kekurangan oksigen. Hal ini bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit serta berujung pada kematian. Selain dampak tersebut jika berbagai limbah terus dibuang ke dalam air maka bisa menyumbat aliran air itu sendiri sehingga dapat menjadi penyebab banjir pada musim hujan.

Menurut para ahli, komponen pencemaran air tergolong menjadi 2 yaitu limbah zat kimia dan limbah padat. Limbah padat antara lain limbah bahan makanan, limbah organik dan limbah anorganik. Limbah padat ini biasanya berukuran kecil dan cukup halus, sehingga tidak bisa mengendap di permukaan perairan. Limbah padat ini hanya bisa melayang-layang di dalam air, sehingga air menjadi lebih keruh dan tidak bisa dikonsumsi.

Berbagai industri dewasa ini banyak yang menghasilkan limbah berupa zat kimia yang sangat berbahaya bagi lingkungan air itu sendiri seperti sungai, danau dan laut serta pihak yang menggunakan air dari tempat tersebut. Limbah zat kimia yang menyebabkan pencemaran air antara lain insektisida, pembersih, larutan penyamak kulit, dan zat warna kimia.

Nah, dari limbah zat kimia di atas apa yang kita pakai sehari-hari?
Yap, benar... PEMBERSIH.
Zat kimia yang termasuk ke dalam pembersih ini sangat banyak ditemukan bahkan digunakan oleh banyak orang misalnya saja sabun, shampoo, detergen serta bahan pembersih lainnya. Tanda yang bisa dilihat pada air apakah mengalami pencemaran yang disebabkan oleh zat pembersih ini adalah jika muncul buih pada permukaan air yang cukup banyak sehingga mengindikasikan bahwa air tersebut tidak layak untuk dikonsumsi.


Akibat Pencemaran Air

❌ Kehidupan organisme dan ekosistem yang ada di dalam wilayah air tercemar tersebut akan mengalami gangguan bahkan kerusakan karena kadar oksigen di dalam air berkurang drastis.
❌ Munculnya pertumbuhan ganggang dan juga tumbuhan air sebagai parasit yang sangat pesat. Hal ini tidak baik karena bisa menganggu berbagai aktivitas manusia misalnya menghambat saat menjaring ikan dan lainnya.
❌ Jika terjadi penumpukan limbah atau sampah dalam jumlah cukup besar di dalam air maka bisa menyebabkan pendangkalan air baik itu di danau dan sungai dan hal ini sangat berbahaya terutama jika musim hujan karena bisa menimbulkan banjir.
❌ Dalam jangka panjang jika air tersebut terus dikonsumsi maka dapat menyebabkan resiko terkena berbagai penyakit kanker dan juga resiko bayi cacat lahir.
❌ Penggunaan pestisida yang ditujukan untuk membunuh hama. Jika dilakukan secara berlebih maka bisa juga membunuh hewan dan tumbuhan lain yang ada disekitarnya padahal mereka ini memiliki fungsi yang sangat baik.
❌ Menyebabkan terjadinya kepunahan pada berbagai biota kuno diantaranya seperti plankton hingga spesies burung.
❌ Terjadinya mutasi sel di dalam tubuh yang akan menyebabkan kanker dan leukemia.
❌ Pencemaran air juga mampu menyebabkan erosi.
❌ Kekurangan sumber daya air bersih yang aman dikonsumsi oleh manusia.
❌ Menjadi sumber dari berbagai jenis penyakit yang serius
❌ Menyebabkan tanah longsor

PENCEGAHAN

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengurangi pencemaran air seperti:
✔ Menghemat penggunaan air bersih
✔ Membuang sampah pada tempatnya
✔ Minimalisir penggunaan pupuk kimia dan pestisida
✔ Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai
✔ Menggunakan produk-produk yang bersifat biodegradable atau ramah lingkungan (Temukan produk pembersih yang ramah lingkungan di Sini)
✔ Daur ulang kemasan produk yang kita gunakan

Alam sudah begitu mencintai kita dengan segala kebaikan-kebaikannya. Kini saatnya kita membalas cintanya. Tau sendiri kan akibatnya kalo cintanya bertepuk sebelah tangan? 😉


Sumber:  ilmugeografi.com, gambar dari berbagai sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Produk Oriflame aman nggak sih?? (Part 3)

Produk Oriflame aman nggak sih?? (Part 2)

Produk Oriflame aman nggak sih?? (Part 1)